Sabilul Munjiat : kitab tadjakurun-nafsi
قال المٸولف رحمه الله تعالی ونفعنا به بعلومه امین....
مقرمۃ ای هذه مقدمه Pembukaan
الحمد لله رب العالمین
الحمد Utawi sekabehani puji
لله Iku kagungani Allah
رب Kang mangerani
العالمین Sekabihani alam
نحمده ونشكره ونعوذ بالله
نحمده Kito memuji ALLAH
ونشكره KITA bersyukur maring Allah
ونعوذ lan kito berlindung
بالله kelawan Allah
من شرور اتقسنا ومن سیآت اعما لنا
من شرور saking sekabehane kejelekan jiwa kito
انفسنا jiwa kito
ومن سیآت Lan saking elek2e
اعمالنا Perbutan2 kito
ولصلاۃ والسلام علی سید العرب والعجم
والصلاۃ Utawi sholawat
والسلام LAN SALAM
علی DIPERSEMBAHKE
سیدالعرب pimpinan bagsa arab
والعجم Lan selain bangsa arab
ولصلاۃ والسلام علی سید العرب والعجم
والصلاۃ Utawi sholawat
والسلام LAN SALAM
علی DIPERSEMBAHKE
سیدالعرب pimpinan bagsa arab
والعجم Lan selain bangsa arab
رسول الله محمد صلی الله علیه وسلم تسلیما كثیرا
رسول الله Rupani Rasululloh SAW
تسلیما Hali olehe penghargaan /Salam
كثیرا Kang akeh
Tambahan :
Segala puji bagi Allah adalah zat yg telah memberikan
Mberikan ilmu kepada mahluk paling sempurna (Rasulillah) dan kepada hamba yg bertaqwa..
الحمد لله الذی قد وفقی
للعلم خیر خلقه ولتقی
Cm dua kemungkinan kita memperoleh ilmu
1. Karena urusan pertma diserhkan pada hamba terbaik ( hal ini bukan bagian kita)
2. kepda org bertaqwa...
Pada bagian pertama, agar ilmu sampe muthasil qayh-i kepada kita diakhir zaman.. mka jalan terbaik untuk mndapa tetesan ilmu dan keberkahan dalah bersholawat.
Pada bagian kedua utk mendpat hak ilmu dr Allah adlah dengan ketakwaan hamba kepada penciptanya...
Keluar dri patokan itu maka ilmu yg akan diterima mnusia hnya memberi dampak duniawi saja dan tidk masuk dlm katgori ilmu bermanfaat yg bisa hidup dan menjadi hujjah setelah kita mati.
اذا متی ابن ادم انقطع عمله الا من ثلاث صدقۃ جاریۃ او علم ینتفع به او ولد صالح یدعو له
MAKA SAYA MENYARANKAN :
TDK melihat jenjang pendiikan kita. Coba baca paling tdk :
1 Filsafat ilmu
2. ilmu dlm persfektif
3. ilmu logika
4. methodolgi researche
5. Tahaffut alfalasifah
6. falsafah lugoh arabi
dll. Agar kita tdk diumbang ambing pndangan dan dikotomi ilmu, paling tidak kita tau mna science mana knowlag....
Mana ilmu mana pengetahuan, mana kabr berita mana analisa.. mana teori mana asumsi...
Kenapa demikian... AGAR PENGETAHUAN DAN ATAU ILMU PENGETAHUAN MASA DEPN BISA IPERTANGGUNGJAWABKAN SECARA QATH-i dimana muara nya... karena hakikat ilmu dri Allah melalui Rasulullah dan Ali R.A.
Alasan lain agar tdk lepas dri logika ilmiah ilahiyyah...
Dan banyak lagi alasannya
dan perlu diingat bahwa sanad muttashil...
Riwayat mut tashil akan jadi hujjah bagi para imuan muslim masa depan.
Selanjutnya pda tingkitan kemudian kita naik pada aturan2 kainat teologis...
Maka dalam kitab saya kemuian lngsung di block dengan kalimt
اما بعد
Dan setelah itu...
tambahan :
pertama : Jika ada pertanyaan... memgapa dlm kitab ini setelah sholwat langsung tutup اما بعد
karena ada ayat
ان الله وملاٸكته یصلون علی النبی
dan tolong perhatikan... kalimat bahsa arab
الصلاۃ at الصلوۃ
dua kalimat ini tergantung siyaq alkalam (susunan kata) keduanya bisa diartikan sholat at keduanya bisa dirtikan bersholawat..
Jika kita sudh tau dua kalimat itu diatas.
Maka bersholawat bukan HANYA mempunyai pengertian membaca sholawat at besholwat kepada Baginda Nabi.. tp dalam catatan saya ;
bersholwawat adalah juga mentsiqqatkan nasab dan sanad ajaran kepada perawi paling sohih secara muttashil... yaitu Rasulullah Muhammad S.A.W
INI YG DISEBUT AJARAN SUCI DENGAN SANAD SOHIH YG TERBAIK DRI SELURUH MAHLUK.
MAKA setelah ada ayat
ان الله وملاٸكته یصلون علی النبی
Bahwa Allah dan para malaikat bersholawat ( mengakui kesahihah sebagai mahluk paling sempurna) dan atau Allah memberikan rujukan secara benar ( qath-i), bahwa di akhir masa dri seluruh ajaran hanya sah jika di snad mut thasilkan (REFERENSI ABSHOLUT) kepada MUHAMMAD IBNI ABDILLAH ALQURAISY (ROSULILLAH). DARI SITULAH
SETELAH HAJI WADA Ayat trakhir turun dengan ayat
الیوم اكملت لكم دینكم واتممت علیكم نعمتی ورضیت لكم الاسلام دینا
Dan panjang lagi penjelaan...
Belum menyngkut
syarat
sabab, dan
Mani'
sebab ada hukum wadh-i dan ada taklify..
dst...
Dri situ kemudian maka sah seseorg sampai kepada jabatan al 'arifiina billah.. dri sini muncul ilmu tasawwuf
والله اعلم
Kedua :
Bagi s.m pangkal sholawat adalah
Sholwat munjiat
اللهم صل علی سیدنا محمدصلاۃ تنجینا بها dst
cm dalam kalimat تنجینا ada hujjah intonatif dr logika mujarrodah.
ada yg baca "Sholaatan tungjiina", ada yg baca "sholaatan tunajjina".. jujur itu IJAZAHNYA TERSENDIRI...
karena pembacaaan sholaatan tungjiina dengan pembacaan sholaatan tunajjina... punya kekutan sendiri. Mau bagaimanapun saya sebagai org bodo berani bertaruh dengan "nyawa" saya... atas kesuksesan personal dri bagian peran karakter building jamaah at kluarga saya...
maaf, sebb percuma jika penerbit sabilul munjiat tdk bisa atau tdk mau bertaruh...
Dan karena memang dr zaman imam mazhab semua bisa bertahan dengan segwnap pertaruhan.. bahkan mushaful qur'an ( rasam usmani) pun dengan segala pertaruhan...
baru kemudian sholawat pengembangnya adalah :
4. Sholwat
اللهم صل علی سیدنا محمدعدد كما لا نهایۃ لكمالك وعدد كماله
3. Sholwat kehidupannya
اللهم صل علی سیدنا محمدن الفاتح لما اغلق dst
2. Sholawat kebersamaannya
اللهم صل علی سیدنا محمد واسرهم قلوب مخلوقاتك اجمعین والبسنا dst
1. Holwat hujjah kesemestaan
Sebagi hujjah qoth-i adalah
اللهم صل علی سیدنا محمد وعلی ال سیدنا محمد......
یا سیدی یا رسول الله... Dst
Sesuai perjanjian qurun dan proses alam semoga kita bisa ambil peran dalam membentuk peradaban mas depan..
Ttp tetap semua dimulai dri DIRI kita...
Jika generasi mendatang tidak disadarkan kepda ajaran qthi-i nya lalu apa yg akn kita wariskan kepda umat ini...
Sanad tidak jelas....
Nasab tidak jelas...
Silshilah ruwat tdk jelas...
pondasi logika tdk jels...
lalu.... ?????
Hehehe...
TANYA AJA PADA RUMPUT YG BERGOYANG...
Rupanya kita lebih senang hanya cuma berda di alam NISBI... oke deh.
Empat poin diatas 1 s.d 4 adalah sama dengan KADARAT KACAI KABALE KABALANDONGAN...
Bersyukur dalam sujud
Berdoa dalam tasbih
beraqal dalam tsiqaat
beramaliah dalam genggaman.
Sama dengan
1. kita tau perasaan org walau org tdk tau perasaan kita
2. kita tdk perlu mengidealisasi org lain seprti kita, karena yg ideal adalah mereka jadi dirinya sendiri
3. kita tdk bisa mnghukumi org lain, kecuali sesuai nash karena الشارع الله ورسله فقط
4. cari guru qath-i dan ajaran qath-i
karena علیكم بسواد الاعظم
karena الخروج من الخلاف مستحب
karena وننزل من القران ما هو شفأ ورحمۃ
karena banyak lagi....dst ( baca 21 inti cakra S.M)
Ketiga :
Maaf
Orang susah dan org kaya dalam ajran punya kewajiban yg sama
Org kolong jembatan dan org normal pun demikian
Org bodo dan org pandai apalagi..
Yg membedakan
SIKAYA ....
SIKARYA...
SIKERJA...
adalah tekad...
Lalu
هل یستوی الذین یعلمون والذین لا یعلمون
ada org tahu dalam taunya
ada org tahu dalam tdk tau
ada org tdk tahu tapi dlam tahu
ada org tdk tahu dlm tdk tahunya
Ini adalah
BUKAN AHIR DRI EGALANYA....
TP AWAL DRI SEGALANYA..
Sisihkan bagian dri wktu kita walaupun hanya sedikit utk mengabdi dan tdk selalu utk berharap dan meminta..
Karena Allah bisa MEMBERIKAN apa yg seharusnya bukan memberi apa yg kita minta, SEMUA atas kehndaknya..
Lalu kenapa kita Tdk memulai dri sekarng ???
Karena berbuat kebaikan tdk harus menunggu dalil...
Dan kita sering terjebak...
Kebaikan selalu di tanya alasannya.. sedang kejlekan sudah dikelopak mata dan bhkan telah kita teln setiap hari...
وكقی بالله ولیا وكفی بالله نصیرا..
Cukup Allah atas segalanya.
Biarpun kita berapologi Zat telh mengetahuinya..
بارك الله لكم امین...
Allah yg memberikn semunya... aammiin
Ke empat :
dalam hitungan per mil
Inget per mil
Kita bisa masuk dalam celah interval itu...
Tahun sekarang : usia
Hasilnya dikalikan kode pos kita tinggal (sbb iti shohibussulthon) lalu
hasilnya di bagi tahun kita lahir
maka visibelitas ekonomi kita akan ada disitu...
Baru kalau uah visibel
akan ada bankable
Baru ada nilai tukar
baru akan ketauan bakal kaya atau tdk...
Dalam mengisi interval tggal lahir x asmaulhusna hsilnya dikali bulan kita lahir dibagi neptu hari lahir dalam hitungan persentase (persertus)
Prinsip... TIDAK MUNGKIN TAU OBAT KL TDK TAU PENYAKITNYA...
DIAGNOSA ITU ADALAH VISIBELITAS AGAR KITA TDK PERLU BESPEKULASI DAN SALH MAKAN OBAT... HEHHE
ref...
1.kitab manba usul hikmah.
2. kitab mahabarata
3. kitab yg tdk dimiliki banyak ulama karya besa nawawi tanara mahzul minal hayat
4. Kitab ruhaniyyah liqalbi qur'an fi harakati haiatin nafsi
Kita bisa tau seberapa besar kemungkinan org bisa memiliki hak keDuniaan secara pasti versi hikmah....
Maaf bukan versi teologik uluhiyah dri aliran qadariah at jabbariyyah..apalgi jaran murjiah dan si'ah... itu kurang pas karena gris katulitiwanya ada dintara 62 derajat lintang kita.
Kita gak bisa kluar dri marka
وخلقنا كل شیٸ بمقدار
intinya segala sesuatu atas kadar ukuran
وما من دابۃ الا علی الله رزقها ویعلم مستقرها.....
Allah bertggung jwb atas rizky semua mahluk dan Allah yg tau kadar perhitungannya...
Lalu kenapa gak kita tanya tentang ukuran rizky diri kita kepada pencipta kita ???
itulah perlu ILMUNYA... ATAU tanya pada ahlinya...
Selanjutnya
كل فی كتاب مبین
segalanya ada pada ketentuan nyata ??
utk itu jawabnnya
اقرا كتابك كفی بنفسك الیوم حسابا
Baca aja dirimu dengan itu pasti sukses....
Hitung neftu lahir x tggl lahir dibagi usia hasilnya dikalikan bulan sekrang dan atau bulan selanjutnya hailnya menjadi surat dlam quran (yg 114) dan ayat kita lihat sesuai dengan jam pada waktu kita mengkitung... ttpi jam ngikutin kepda perhitungan g.m.t
Ref: kitab durus al falakiyyah.
Hitungan ini utuk setiap peraonality.. bukan org banyak trs dikolektif.. lain hal karena lain ladang lain belalang...
Adapun tagga demi tagganya diantaranya adalah
1. Istri / suami (krna akan berafiliasi) 2. anak...
3. kifarat bagi usia sudah baligh 4. silsilah at twassul.. bagi yg bapk atau ibu at kakenya neneknya sudah tiada.. karena alasannya haulaini kamilaini ayyutimma rdho-'ah...
Kesadaran personal akan membentuk kekuatan kolektif... karena kita tdk boleh berhenti urk trs sling ta'awun dn saling menasehati.. tolong menolong dn menasehati itu adlh hak muslim atas muslim yg lain.
Makanya tetep aja ;
1. Ibda binafsik
2. iqra kitabak
3. arrafa nafsah arrafa rabbh
4. min husni islamil mari
5. khairunnas...
Jadi 114 surat dengan 30 juz adalah patokan yg gerknya mulai dri hijaiyyah yg 28 /29/30.. agar setiap org jelas bisa at tdk mempertanggung jwabkan segala karyanya dimasa depan... kira2 gt deh...
Karena tdk mungkin mmbuat rancang bangun pondasi dengan skala Landasan yg relatif nisbi..
Barang kali sy kasih saran...
Kepada Zat Allah Jangan cuma minta...
tetapi ajak diri kita dengan Zat Allah untuk bisa berdialog...
Buktikan dahulu penghambaan dn pengbdian....
Baru minta...
Dari situlah kita zikir hrs mulai dri istigfar sahadat sholawat..
Yg jelas pondasi dri GNP agar berpengaruh kepada GDB dan bisa membuat linier pada APBN pondasinya adalah ttp sdm.
Ttp sdm yang telah atau bisa memenuhi kualifikasi mental spiritual... oke
Kelima :
MAAF BAGI YG BACA TULISAN SAYA... terutama jamaah dan kluarga saya
SAYA KASIH PANDANGAN TP VERSI SAYA :
Inget... bahwa yg dimksud dengn SDM (sumb. Daya manusia).. Tdk CUKUP DENGAN hal2 yg rasionalis.. sprti angka2 di ijazah sekolah at gelar kesarjanaan at materi at kecerdasan tertentu...
TP BAGI Sab.Munjiat, SUMBER DAYA MANUSIA MELIPUTI PEMBANGUNAN MENTAL SPRITUAL SEEORANG... tdk ckp org pandai atau bergelar tanpa punya MENTAL dan apa lagi tidk berpijak pada SPIRITUAL termasuk didalmnya ajaran agama...
Tdk cukup org melihat SDM tanpa mentalitas.. apalagi tanpa etika dan estetika... KARENA MENTALITAS HARUS MENCAKUP
TAUHID FIQIH DAN AHLAK / ETIKA (APALAGI TASHAWWUF)...
TUKILAN :
لیس بنا الیوم قط فی الحیاۃ
yg jls hidup bkan cm hari ini..
Saduran : sbuah renungan saja.
=======================
Beberapa kali, karena satu dan lain hal, orang-orang di sejumlah komunitas yang saya inisiasi, datang dan pergi. Ada yang melakukannya karena harus pindah daerah tempat tinggal, kesibukan pekerjaan, atau beroleh tanggungjawab baru setelah berkeluarga—yang biasanya diikuti oleh punya anak dan seterusnya dan seterusnya. Namun, yang menarik dan kerap bikin saya speechless adalah ada juga yang nonaktif karena merasa komunitas telah mengambil banyak waktunya tanpa memberinya hasil setimpal. Mungkin ada alasan yang lebih spesifik, tapi saya pikir kalimat itu cukup representatif.
Sayangnya, semacam kemenyesalan ini beranak-pinak menjadi dugaan kontraproduktif dan hal-hal yang menguar aroma pertentangan dan perselisihan yang lahir dari delusinya semata. Alhasil, ia pun merasa tak lagi menjadi bagian komunitas, bahkan mengakhiri hubungan baik secara sepihak.
Ah, betapa hebatnya sebuah tatanan khayali—yang justru dibangun oleh kesalahpahaman diri sendiri.
Maka, orang-orang seperti ini pun menghindar dari perkumpulan, bukan karena kesibukan, tapi memang karena ingin menunjukkan perlawanan dan ketaksenangan. Orang-orang dalam komunitas tentu ada yang bingung dan ada juga selow sebab tidak ingin membuang energi untuk urusan yang tidak berfaedah.
Ini adalah gejala unik yang saya temukan dalam berkomunitas. Ingin ketawa, takut kedengaran. Kalau kedengaran, khawatir doi makin baper. Padahal, berkomunitas adalah salah satu titian bersosialisasi yang longgar, yang tak mengikat, yang menyilakan siapa pun yang ingin rehat, mengambil jarak, atau bahkan keluar sekalian, sebab … Bumi berputar untuk semua makhluk yang masih punya perasaan #eaaa
Selanjutnya, Maaf ya kawan2 para ustad...
Para guru... saya belum ajak bicara temen2 jamaah mengenai arah perjuangan sabilul munjiat..
Karena akan berakar kepada pengkajian mendalam salafus sholih...
Dan sy gak mungkin bicara itu sekarang karena produk2 pesantren kita pun hanya sedikit org yg pokus terhadap kajian salaf dan kholaf...
sy belum ajak temen2 bicara mengenai ibnu taimiyyah, blm saya ajak bicara as shuyuthi, at ibnu kasir... karena juga jujur aja temen2 terbatas dengan referensi....
Udah lah saat ini saya masih ajak bicra tentang muraqabah, tajarrud dan tanazul...
Yg penting kita berpegang kepada quran sunnah ijma dan qiyash..
ini aja pun masih simpang siur..
Sya masih ajak bicara tntang diri pribadi dn bagaimana membangun kehidupan ini bermanfaat berkah selamat sampai akhir nanti..
Maafin saya sebagai org terbatas
Sy twadhu khudu pada teman2..
yg jelas dan yg penting insya Allah sy ajak temen2 untuk tdk TAQLID BUTA atas ajaran dan pemahamannya..
Semoga ruang ini jadi tempat muzakarah bt kita. Saling memgingtkan dan mendoakan serta saling menasehati..
Aammiiinn
Wasaalam. Januari 2020.
==============
==============
KEMBALI PADA PENGAJIAN.
ان احسن الحدیث كتاب الله وخیرالهدی هدی محمد وشرالامور محدثاتها
وكل محدثۃ بدعه وكل بدعۃ ضلالۃ وكل ضلالۃفی النار
Sebaik2 hadits yaitu kitab Allah, sebaik2 petunjuk yaitu petunjuk Rasulullah, sejelek2 urusan adalah perkara yg dibuat2 itu lah (yg dibuat2) Itu bid'ah dan setiap bid'ah sesat dan setiap yg sesat yaitu jaln ke neraka.
Kaitan dengan itu hati2 dengan kata2 apologi dan rekayasa. sbb bagi ilmu alam rekayasa iti ada hujjahnya seperti rekayasa genetis.. at rekayasa kimiawi... sedangkan apologia kecenderungannya alasannya nisbi (samar).
حدیث Dgn خبر
dalam ilmu mushtolahul hadits ada perbedaan.
Adapun Kalimat محدثاتها
awal kata dri حدث
jadi محدثاتها adalah pemberi berita bohong. Atau berita yg dibuat2 atau hadits buatan..
Yg mudah mengrtikan bid'ah (بدعۃ) Sesuatu yg tdk jelas yurisprudensinya... sbb panjang pembahasannya dan ada yg hasanah dan sayyiah...
Sbb akan berkaitan dengan kemampuan para mujtahid mujaddid, pada sisi lainnya transformasi ilmu hukum Islam terus perlu mendapt interpretasi baru krena gejala alm baru. Karen perjalanan masa selalu berbeda. Maka sangat penting matarantai yg sahih dri guru yg sohih untuk bisa dijdikan patokan atau marka bagi istidlal dan istinbath hkm syara.
Hukum Islam tdk berubah2 itu betul sekali.. ttpi berkitan dengn mu'amalah maka akan memerlukan ijma Ulama dan bisa juga memerlukan qiyas.
Maka tashih dan tasrih akan menjadi alat untuk menyambung mata rantai sanad sahih...
termasuk didalamnya ijazah adalah salah satu jalan didalamnya...
Bagi kaum pesantren tdk boleh anggap sepele ijazah karena Itu akn menjadi alat tashrih dan tashih.
Menyangkut makna ضلالۃ bagi pandangan saya apabila kata ضلالۃ memenuhi kualifikasi فاسد dan باطل
karena fasid (فاسد) dan bathil (باطل) bagi ahli hukum berbeda, posisi diantara keduanya itu bisa menjadi suatu keaadaan yg dsbut khilaf.....
Dilanjut pada bagian kitab :
وهذا كتابی بقلم الفقیر ذی التقصیر الی رحمۃ الجلیل شریف محمدیان
ini adalah kitab saya sebagai karangan deri tulisan org faqir yg butuh terus menerus kepada Rahmat Allah yaitu syarif muhammad yani
الدی صنفت فی رجب ١٤٣٣ Yang saya tulis pada bulan rojab 1433
یونی ٢۰١٢ Bertepatn dengan bulan juni 2012
المسمی تذاكر النفس بسبیل المنجیاۃ Yg saya beri nama dengn nama kitab TADJA KURUN NAFSI BI SABILIL MUNJIAT.
TERUSAN KALIMAT KITAB
اما بعد
وهذا كتابی بقلم الفقیر ذی التقصیر الی رحمۃ الجلیل
شریف محمد یان الذی صنفت فی رجب
وهذا كتابی Utawi iki
كتابی Kitab saya
بقلم Dengn tulisan
الفقیر org susah / belangsak
ذی الثقصیر yg selalu membutuhkan
Lafdz ذی adalah asmaul khomsah
termasuk didlmnya adalah
Lafadz ابوك اخوك حموك فوك ذو مال
ada ulama nuhat نحاۃ seperti الكیلان
bukan اسمأ الخمسۃ ( isim lima) tetapi اسمأ الستۃ (isim enam) dengan penambahan satu kata yaitu ھنوك
mngapa asmaul khomsah at asmaa-ussittah tersurat dengan rinci dalam ilmu nahwu. Karena ini akan berkaitan dengan kuniyah dan laqab (كنیۃ و لقبا) at julukan dan gelar..
Karena pada bangsa Arab terbisa dengan kuniyah dan laqab itu..
MengkAji sejarah ini akan ada kaitan dengan asal usul pencarian sebuah asbabul wurud ( sebab2 keluarnya hadist) dan siapa yg meriwayatkannya.. karena akan berkaitan dengan kesahihahan atau kedhaifan (lemah) nya suatu hadits.
Seperti pada nama perawi hadits
ابو ھریرۃ رضی الله عنه
Terdiri dri kata
ابو Artinya seorg bpk
هریره Nama orang
jadi seorg bapak dri hurairah.. dst
catatan : yg jelas asmaul khamsah
Berbeda dengan af-'Alul khomsah.
الی رحمۃ الجلیل
ال kepada
رحمۃ الجلیل Rahmat zat yg maha Agung Yakni Allah swt.
شریف محمد یان rupane penulis kitab iki yaiku syrif muhammad yani
Maaf.. utk penulisnya dan kita yg mengkajinya semoga selalu ada du'a Fatihah.. aammiinn..
Insya Allah
رحمۃألله قریب من المحسنین
Maksudnya dengan kitab ini semoga menjadi salah Satu bagian (walaupun hanya sedikit) dalam suatu kebaikan.. semoga bermnfaat dan mendapat rahmat Allah.. aammiin .... الفا تحۃ
ااذی صنقث
الذی Yaitu kitab
صنفت Yg saya tulis
فی رجب pada bulan rojab
۱٤۳۳ / ٢۰١٢ Yaitu pada tahun 1433h berteptan dengan 2012m.
-----tmbhan tukilan: Lafadz مصنف (mushannif) dan lafadz مؤلف (muallif) merupakan isim fail (bentuk pelaku) dari masing-masing kata صنف (shannafa) dengan ألف (allafa) yang mempunyai arti sama, yaitu "Menyusun/Mengarang". Hanya saja secara makna, keduanya memiliki sedikit perbedaan.
Lafadz مصنف biasanya digunakan untuk penulis karya yang bersifat mandiri (penelitian sendiri), tidak berupa kumpulan kutipan-kutipan atau nukilan dari pendapat orang-perorangan. Istilah tasnif lebih cenderung dimaksudkan untuk karya khusus terkait satu cabang keilmuan.
Contoh :
صنفت ھذا الكتاب
(Shannaftu hãdza al-kitãb)
Saya telah mengarang kitab ini.
Kalimat diatas mengandung makna bahwa kitab tersebut adalah karangan asli penulisnya tanpa ada penukilan dari berbagai sumber, dan juga membahas sebuah bidang keilmuan secara khusus.
Sedangkan lafadz مؤلف biasanya digunakan untuk penulis karya yang kontennya tidak murni dari pemikiran penulis sendiri, dalam artian mengutip dari berbagai sumber dan referensi. Sehingga Istilah ta'lif pada hakikatnya lebih umum dari istilah tashnif.
Contoh :
ألفت هذا ألكتاب (Allaftu hãdza al-kitãb)
Saya telah menyusun kitab ini
Kalimat diatas mengandung pengertian bahwa kitab tersebut berisi kumpulan pendapat peneliti, dalam artian bukan murni pemikiran penulisnya.
------
Tetapi bukan serta merata trs saya memakai kata الذی صنفت yg berarti tdk ada tukilan atau referensi dalam kitab ini...
لعلی الصواب
Dengan segala kerendahan hati..
Memang sabilul munjiat bener2 insfirasi "pengilhaman" luar biasa bagi saya..
Saya sebagai org bodo, tetap sambil kita mudzakarah silahkan kita bedah bareng2 mana yg mnjadi kekurangan dalam kitab ini, atau malah MUNGKIN dan BAHKAN bisa jadi ada yg salah, sy minta kritik dan saran serta masukan berkaitan dengan karya ini.
Belum lagi menyangkut muatan dalam kitab ini, segalanya dunia akhirat hrs bisa dipertanggung jwabkan... INSYA ALLAH segalanya atas ijin serta pertolongan dan taufig hisayhNYA. Aammiin... الفاتحه.......
note :
nama kitab ini tadjakurunnafsi bi sabilil munjiat
(تذاكر النفس بسبیل المنجیاۃ)
Kemudian menjadi kalimat baku
Menjadi
Ik SABILUL MUNJIAT
Walaupun cuma sekilas kita kaji maknanya satu2 agar bisa jadi bhan muzakarah
تذاكر النفس
Kata atau kalimat تذاكر (tadjaakur) asal dari kalikat ذكر yg artinya inget at eling at menyebut.. ikut kepada wazan /timbngan تفاعل yg awalnya تذاكر dibaca ta-dja-Ka-ra ikut timbangan/ referensi kata تفاعل ta-fa-'a-la masdharnya atau bentukannya menjadi تذاكر dibaca ta-dja-ku-ru dengan pertimbanga referensi masdhar at bentukan kata jadi dri تفاعل dibaca ta-fa-'u-lun. Jadi bentuk mashdarnya bisa تفاعلا at تفاعل maka kalimat تذاكر bisa jadi تذاكرا at تذاكر dengan dommah pada huruf kaf (ك)
direferensikannya kalimat تذاكر kepada تفاعل karena ada faidah muqabalah (مقابله) punya pengertian "saling"... jadi SALING MENGINGATKAN تذاكر النفس DIBACA ta-dja-ku-ru nafsi artinya adalh sling mengingatkankannya jiwa..
النفس kalimat
kalimat nafsun at nafsin sendiri disebut majaz (abstrak),
bisa مٸونث مجازی bisa مذكر مجازی setiap majazi pasti dianggap jama dalam ilmu bahsa arab ada qaidah
لكل مٸونث جمع
artinya mu-annast selalu mengndung unsur jama' maka pasti dhomir yg kembali kepadanya selalu ها dan ketika amar at erintah pasti memakai ی, seperti ayat
یاأیتهاالنفس المطمٸنه ارجعی الی ربك راضیه مرضیه فأدخلی فی عبادی وأدخلی جنتی
Jadi simpelnya saling mengingatkan nya dlm jiwa terhadap anggota badan yang akan ber amaliyah baik atau buruk tetapi بسبیل المنجیاۃ denga jalan atau marka pronsif sabilul munjiat..
Jadi sabilul munjiat dlam hal ini jadi pondasinya atau jadi bagannya atau jadi marka dlam tata aturan sederhana secara umum dalam rangka berprilaku dan berinteraksi antara satu dengan yg lainya. Antara stu anghota badan dengan yg lainnya...
tetapi semua ini dalam perspektif psikologi teologik
سبیل المنجاۃ
Awal kata dri سبیل artinya jalan
Dan منجیاۃ berasl dri kata نجی yg asalnya نجیا artinya merdeka atau menang atau bebas atau sukses atau bersih
Bisa juga berasl dri انجی trus ینجی menjafi انجاأ masdar nya bisa berbentuk menjadi نجاه kemenangan... karena kata sabilul munjiat di naturaisikan menjdi kata benda maka bentukan isimnya ( bentukan kata jadinya ) atau dalam ilmu nahwu diaebut isim alam menjdi sabilul munjiat.. mengunakan ۃ (Ta marbuthoh)
سبیل لمنجیاۃ
dan bukan memakai ta ta-Nits (ت)
INI memiliki pengerti logika ponetik ontologis. Maksudnya agar jelas JALN MENUJU PEMERDEKAAN DIRI. Karena tdk mungkin marka yg dibangun oleh sabilul munjiat itu mrka yg nisbi. Karena kehidupn tdk mungkin berpondasi kepda pondasi nisbi.
catatan : ini dibangun dalam rangka mengambil peran sekecil apapaun dlam memberi kontribusi dlam proses karakter building maujudnya mnusia walaupun hanya berperan pada bagian terkecil saja.
Dan amat panjang lagi menyangkut nama سبیل المنجیاۃ ini.. ini hanya penjelasan kecil. Silhkan buka blog saya pada JUUL segi tiga SM dan pada blog saya judul PEMBUKAAN.
Jadi dalam idea S.M itu punya lakon sendiri dengan landasan qoth-i
walaupun tdk hidup disini akn hidup disana atau sebaliknya..
dan kalaupun tdk hdp dimana2 akan hidup di alamnya... tp itu semua realitas... realitas tdk dibentuk siapapun akan nyata karena kainat itu ada pada mustaqar dn mustajr nya alam semesta dan muataqar dan mustajar itu ada pda genggamanNYA...
Dalam logikanya wujudullah wujuduhu gaibul wujud.. adanya mahluk karena adanya khaliq. Personifikasi ke MAHA Kuasaan Tuhan ada pada wujud sempurnanya RASULULLAH MUHAMMAD S.A.W dan kita sebagai umatnya... itu aja dasarnya.
Karena yag dimaksud النفس adalah jiwa mahluk maka sabilul munjiat hakikatnya menjadi sasarn dri etip jiwa. Dan bahkan ada dalm wujud manusia itu sendiri.
Dengan demikian saya sendiri pun sebagai penulisnya dan pencetus (Sabilul munjiat) belum tentu bisa menjalankan semua aturan sabilul munjiat, insya Allah hal ini berarti, tdk menutup sesuatu yg akan terjadi bahwa jamaah yg ada dalam sabilul munjiat dan generasi sabilul munjiat selanjutnya AKAN LEBIH MAJU DAN LEBIH TINGGI DERAJATNYA DIBANDING SaYA YG MENULISNYA.
(Jamaah bisa jadi lebih mulia dibanding saya)
NASIHAT KECIL :
1. DALAM AJARAN HRS ADA TAQWA.
اتق الله حیث ما كنت واتع السیٸۃ الحسنه تمخوها وخالق الناس بخلق حسن
2. DALAM HUKUM ATAU ATURAN HRS ADA HIKMAH.
ومن یٸوتی الحكمۃ فقد اوتی خیرا كثیرا
3. DALAM ILMU HRS ADA FUTUH.
افتح علینا فتوح العارفین
4. DALAM AMALIYAH HRS ADA HIDAYAH
من ازداد علما لم یزدد هدا لم یزدد من الله الابعدا
5. DALAM BACAAN ATAU MUJAKARAH HARUS ADA RAHMAT
وننزل من القران ما هو شفأ ورحمۃ للمٸومنین
6. DALAM KEHIDUPAN HARUS ADA BERKAH
لو ان اهل القری امنوا واتقوا لفتحنا علیهم بركات من السمأ والارض
Agar kita tdk menyia2kan energi dan membuang waktu. Oke...
Pengajian diatas baru
TENTANG JUDUL DAN NAMA DARI SABILUL MUNJIAT
SEGALA SESUATUNYA AKAN KEMBALI KEPADA PILIHAN AQAL, RASA DAN YAQIN. SEMOGA DALAM AMALIYAH KITA DAPAT TAUFIQ HIDAYAH DAN SEMOGA KITA BISA ISTIQOMAH DALAM JALAN AJARAN SUCI, SANGGUP MERUBAH TATANAN KEPADA YG LEBIH BAIK SERTA BISA MEMBERI TAULDAN KEPADA GENERASI KITA.. AAMIIN
والله اعلم باالصواب
Allah maha tahu atas kebenarannya
Komentar
Posting Komentar